INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

SEJARAH DAN ADAT ISTIADAT DESA BANJURMUKADAN

SEJARAH DAN ADAT ISTIADAT DESA BANJURMUKADAN

Sejarah dan legenda Desa Banjurmukadan.

       Pada zaman dahulu sebelum terjadinya Desa Banjurmukadan datang seorang yang berasal dari Kraton Demak yang bernama Syeh H. Abdul Halim, disini beliu masih menemukan beberapa kelompok masyarakat yang masih berkeyakinan terhadap kepercayaan alam selanjutnya beliu berdoa dan memohon kepada Alloh SWT supaya itikat baiknya menyebarkan Agama Islam dapat tercapai.

       Sehubungan dengan keprihatinan dan ketakewaan beliu do;a dan permohonan seakan dikabulkan oleh Alloh SWT.

Pada suatau hari keajaiban terjadi dengan tiba - tiba beliu mendapati Mahkota Masjid dan sumber air yang entah darimana datangnya, selanjutnya beliu menumumkan kepada masyarkat agar datang dan membasuh / membanjur  ( Jawa ) muka seketika masyarakat yang tadinya mencemooh dan menghina beliu akhirnya mengikuti ajaran Nya dan bersedia masuk Islam , dan pada saat itu juga beliu memberi nama Masjid tersebut dengan nama AL- HIDAYAH dan memberi nama Desa Banjurmukadan.

      Pada Tahun 1910 Desa Banjurmukadan di pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Ronorejo sampai dengan Tahun 1922. Selanjutnya dari Tahun 1923 sampai dengan Tahun  1932 di pimpin Ronodibroto.

      Selanjutnya pada Tahun 1933 sampai dengan Tahun 1944 pimpinan Desa dipegang oleh Mad Sengaja. Tahun 1945 sampai dengan Tahun 1962 Kepala Desa dipegang oleh Efendi. Tahun 1963 sampai dengan Tahun 1986 Desa Banjurmukadan di pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Sukijo.

      Pada Tahun 1987 Desa Banjurmukadan mengadakan pilkades yang pertama yang di menangkan oleh Sunaryo dan berahir Tahun 1996. Kemudian pada Tahun 1997 diadakan pemilihan Kepala Desa dan dimenangkan Sukamto dan beliu menjabat sampai Tahun 2003.Tahun 2003 sampai dengan 2006 terjadi kekosongan Kepala Desa dan pada saat itu kepimpinan di percayakan kepada Purwito Sektretaris Desa  yang di berikan tugas sebagai Pejabt Kepala Desa.

      Tahun 2007 Pemerintahan Desa Banjurmukadan kembali mengadakan pemilihn Kepala Desa yang diikuti 3 ( tiga ) seorang calon dan dimenangkan oleh Rujito.

       Tahun 2013 pemerintahan Desa Banjurmukadan kembali mengadakan pemilihan Kepala Desa yang diikuti 2 ( dua ) calon dan dimenangkan oleh Lukito. 

       Tahun 2019 Pemerintah Desa Banjurmukadan mengadakan pemilihan Kepala Desa yang diikuti oeh 2 ( dua ) calon dan dimenangkan oleh Ryan Sugi Abdi

       Demikian sejarah Desa Banjurmukadan yang di susun dari narasumber tokoh sesepuh yang ada di Desa Banjurmukadan

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter